Kembali ke berita
18
Jun 2024

Pelaksanaan Kurban Tahun 2024 M / 1445 H Dinas Cipta Karya, Tata Ruang Dan Pertanahan Provinsi DKI Jakarta

Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (Dinas CKTRP) Provinsi DKI Jakarta melaksanakan kegiatan Kurban Tahun 2024 M / 1445 H dengan tema “Keikhlasan dalam Berkurban, Cermin Keimanan Sejati”, pada tanggal 18 - 19 Juni 2024. 

 

Kegiatan ini dilaksanakan pada dua lokasi yang berbeda, yaitu tempat penyembelihan di Jl. Jampang, No. 99, Kampung Jampang Broco, Desa Kalisuren, Kec. Tajur Halang, Bogor dan Kampung 99 Pepohonan, Jl. Muhasan No. 2 Kel. Memyung, Kec. Limo, Depok yang menjadi lokasi pendistribusian daging Kurban. 

 

Kata Kurban berasal dari bahasa Arab qaraba-yuqaribu-qurbanan-qaribun, yang artinya dekat. Makna kurban dalam istilah di sini berarti kita berusaha menyingkirkan hal-hal yang dapat menghalangi upaya mendekatkan diri kita pada Allah SWT. 

 

Kurban dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur dan takwa kepada Allah SWT atas segala nikmat dan karunia-Nya, sekaligus sebagai media melatih keikhlasan dan memohon ridho-Nya.

 

“Kondisi kita itu bukan untuk mencari banyak-banyakan sapi yang kita kurbankan, tapi keikhlasan kita, bagaimana kita membangkitkan keikhlasan yang harus kita coba sampaikan kelasnya sehingga menjadi Ridho Illahi Rabbi yang harus kita peroleh, tanpa itu semua kita sia-sia sebenarnya,” kata Heru Hermawanto selaku Kepala Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan Provinsi DKI Jakarta. 

 

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk merangkul semua rekan-rekan ASN untuk difasilitasi agar dapat turut ikut serta dalam kegiatan kurban yang didistribusikan ke seluruh wilayah DKI Jakarta dan daerah lainnya. 

 

“Jadi kurban kita ini alhamdulillah berjumlah 31 sapi seluruhnya dari seluruh muqorib di lingkungan dinas kita, baik Dinas, Sudin dan Kecamatan. Dari 31 sapi, jadi 18 kita kirimkan sapi hidup ke seluruh wilayah DKI Jakarta, kemudian juga ke masjid Al-Amanah juga kita kirimkan, dan juga ada yang kedaerah juga. Ada yang sampai ke Purworejo, Cirebon, Bandung. Alhamdulillah total 18 sapi yang kita kirim hidup, dan semalam pelaksanaan pemotongan hewan kurban 13 sapi dengan total kurang lebih ada 1.500 kg lebih” kata Lia Rosiana Permatasari selaku Ketua Pelaksanaan Kurban Tahun 2024 M/1445 H. 

 

Kegiatan yang dilaksanakan setiap tahunnya ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi semua pihak, agar dapat meningkatkan rasa ketaqwaan dan mendapat kemudahan dalam menunaikan syariat. 

 

“Kita prasangka baik bahwa semuanya itu sudah berkorban. Semoga mudah-mudahan kita semua diberikan apa namanya, kemudahan rizki, diberikan panjang umur, kita bisa menunaikan lagi syariat tahun depan, kita bisa ketemu lagi dalam acara yang sama mudahmudahan kita akan lebih baik,”. kata Heru Hermawanto saat menutup kegiatan kurban.

 

–SA

Bagikan