Kembali ke berita
29
Mei 2024

Sharing Knowledge: Kunjungan Delegasi Pemerintah Bangladesh ke Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan

Jakarta, Dinas CKTRP - Perwakilan delegasi dari Pemerintah Bangladesh dalam kunjungannya ke Indonesia telah melakukan kunjungan kerja ke Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (Dinas CKTRP) Provinsi DKI Jakarta, pada Rabu (29/05).


Kunjungan ini bertujuan untuk Sharing Knowledge dan diskusi antara pihak delegasi dari Pemerintah Bangladesh dengan Dinas CKTRP Provinsi DKI Jakarta tentang tantangan transportasi di Indonesia termasuk pengendalian pembangunan perkotaan, rencana penggunaan lahan, dan penetapan Rasio Luas Lantai.

 

Lebih lengkapnya, kunjungan ini difasilitasi oleh Bank Pembangunan Asia yang merupakan bagian dari Asian Development Bank (ADB) sebagai bentuk bantuan teknis untuk mendukung Pemerintah Bangladesh dalam memperbarui master transportasi perkotaan rencana ke Dhaka. 

 

Tujuan keseluruhan dari kunjungan ini adalah untuk mempelajari jaringan transportasi perkotaan di Jakarta dengan fokus pada integrasi multimoda, pengembangan berorientasi transit, pengumpulan tarif mobil, dan lainnya.

 

Langkah lanjutan yang diharapkan oleh Pemerintah Bangladesh adalah untuk bisa melakukan penataan kelembagaan perencanaan transportasi kota dan fungsi perkotaan dengan otoritas transportasi, sebagai kerangka peraturan untuk pengembangan yang harmonis serta sistem pengoperasian yang efisien pada moda transportasi masing-masing, serta sebagai referensi dalam melakukan manajemen lalu lintas dan penegakan hukum.


Dengan adanya kunjungan ini, diharapkan dapat memberikan informasi dan manfaat bagi kedua belah pihak, khususnya pada Pemerintah Bangladesh agar dapat memperbarui rencana/master transportasi perkotaannya dengan sharing knowledge yang telah dilakukan. 

 

--SA

 

Bagikan