Kembali ke berita
26
Feb 2024

Kunjungan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Malang

Jakarta, Senin (26/02/24) Dinas Cipta, Karya Tata Ruang dan Pertanahan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerima kunjungan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Malang.


Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan konsultasi antar lembaga pemerintahan mengenai pembangunan wilayah perkotaan sebagai pusat investasi dan bisnis.

 

Kota secara umum dapat diartikan sebagai wilayah dengan pemusatan atau konsentrasi penduduk beserta kegiatan yang ada di dalamnya seperti ekonomi, sosial, budaya serta administrasi pemerintahan. 

 

Wilayah perkotaan dalam pandangan aspek sosial ekonomi memiliki beberapa karakteristik seperti, persentase penduduk yang relatif lebih tinggi dengan daerah sekitarnya, memiliki kepadatan penduduk yang relatif tinggi dengan daerah sekitarnya, persentase jumlah penduduk di bidang non pertanian lebih tinggi atau lebih banyak dibandingkan daerah sekitarnya, menjadi pusat aktivitas atau kegiatan dalam bidang ekonomi.

 

Sebagai Ibukota dan pusat kesibukan di Indonesia, tidak heran jika Jakarta menjadi kota yang ideal untuk mendapatkan berbagai kebutuhan seperti tempat tinggal, pendidikan dan untuk bekerja. Tidak sedikit orang yang tinggal di berbagai kota di Indonesia memutuskan untuk merantau ke Jakarta. Hal tersebut terjadi karena Jakarta dianggap sebagai pusat ekpnomi dan bisnis di Indonesia.

 

Pemprov DKI Jakarta berkomitmen untuk menjadikan wilayah perkotaan sebagai  pusat investasi dan bisnis. Dimana hal tersebut mendukung transformasi Jakarta sebagai kota global. 


Dengan adanya kunjungan ini, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi DCKTRP dan DPRD Kabupaten Malang. Hal tersebut diharapkan dapat mengoptimalkan dan mendukung terwujudnya pembangunan wilayah perkotaan sebagai pusat investasi dan bisnis yang optimal dan berskala global.

 

--SA

Bagikan