PEMERINTAH PROVINSI DKI JAKARTA MERAIH DUA PENGHARGAAN BHUMANDALA AWARD 2020

Sabtu, 28 November 2020 - 16:05 WIB



Jakarta - Bhumandala Award yang diselenggarakan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) pada hari Jumat, 27 November 2020 adalah acara penghargaan terhadap upaya membangun simpul jaringan informasi geospasial kepada Kementerian/ Lembaga dan Pemerintah Daerah yang dinilai terbaik dalam upayanya mempersiapkan diri dan membangun simpul jaringan.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berhasil meraih 2 (dua) penghargaan yaitu Bhumandala Kanaka Simpul Terbaik dan Bhumandala Kencana Geoportal terbaik kategori Provinsi.

Program Jakarta Satu yang di Launching oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Bpk. Anies Baswedan, pada tanggal 17 Januari 2018 dengan slogan 'Satu Peta, Satu Data, Satu Kebijakan' menjadi reka cipta dari sistem pengawasan yang terintegrasi berdasarkan data yang dimiliki oleh seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Situs jakartasatu.jakarta.go.id berisi gugus data sistem antar SKPD yang ada di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, terdiri dari berbagai sektor seperti sektor sosial ekonomi, perizinan, kesehatan, pertanahan, perpajakan, tata ruang dan aneka sektor lainnya seperti program Kolaborasi Sosial Berskala Besar berbasis RW, Pemetaan kasus Covid, integrasi perizinan dan Peta Rencana Tata Ruang yang terbuka dan transparant, data yang ada dalam jakartasatu.jakarta.go.id ini selalu diperbarui secara realtime sehingga selain bermanfaat sebagai integrasi data antar SKPD di Lingkungan Pemprov DKI Jakarta, program ini juga diharapkan melalui data data yang disajikan dapat bermanfaat bagi Masyarakat.

Harapan Bapak Anies Baswedan, Selaku Gubernur Provinsi DKI Jakarta melalui program jakartasatu ini adalah Pemprov DKI Jakarta memiliki data yang akurat mengenai seluruh data yang ada dari skala besar maupun lingkup terkecil, mengetahui dan memperbaiki cara kerja yang belum optimal menjadi lebih baik lagi dan apakah program program yang sedang dan akan berjalan dapat tepat guna manfaatnya bagi masyarakat. 

Pada tahun 2018, melalui sistem yang sama, Pemprov DKI Jakarta telah berhasil meraih penghargaan Bhumandala Kanaka Simpul Terbaik, dan Alhamdulillah pada tahun ini, 2020, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali meraih Penghargaan tersebut ditambah penghargaan Bhumandala Kencana Geoportal terbaik kategori Provinsi.

Penghargaan ini diberikan karena sistem jakartasatu.jakarta.go.id dinilai telah berhasil melengkapi atribut, metadata dan kesesuaian dengan katalog unsur geografi Indonesia, jakartasatu.jakarta.go.id juga dinilai telah mengoptimalkan peran Geoportalnya dalam mekanisme berbagi data spasial baik dalam lingkungan internal maupun eksternal (masyarakat).

“Apa yang kita kerjakan bagian dari ikhtiar untuk memastikan bahwa di Ibu Kota, informasi data terintegrasi dengan baik dan basisnya adalah peta Jakarta. Peta inilah yang kemudian menjadi rujukan bagi kita semua. Terima kasih atas penghargaannya, saya akan teruskan kepada semua tim yang bekerja” ujar Bapak Anies Baswedan dikutip dari Channel Youtube Badan Informasi Geospasial “Seremonial Bhumandala Award 2020”

Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan Provinsi DKI Jakarta selaku Leading Sector dari sistem jakartasatu mengucapkan terima kasih kepada SKPD SPKD yang telah bergabung dan mengintegrasikan datanya dengan baik kedalam sistem ini, tentunya tanpa kerjasama dari semua pihak sistem ini tidak dapat berjalan dengan mudah, besar harapan kami kerjasama ini untuk seterusnya dapat berjalan dengan baik sehingga sistem yang ada dalam portal jakartasatu dapat terus dikembangkan secara optimal, bermanfaat, dan tepat guna bagi seluruh stakeholder dan tentunya masyarakat.