Kegiatan Forum Diskusi Tata Ruang Provinsi DKI Jakarta

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (DCKTRP) mencanangkan Forum Diskusi Tata Ruang Provinsi DKI Jakarta. Forum diskusi melibatkan perwakilan berbagai pemangku kepentingan dan diharapkan dapat memberi masukan bagi kelangsungan pembangunan di Ibukota.

Forum Diskusi Tata Ruang DKI Jakarta perdana diselenggarakan pada Kamis, 14 April 2017 di Gedung DCKTRP Provinsi DKI Jakarta. Acara yang dihadiri oleh perwakilan masyarakat, asosiasi, pelaku usaha, kalangan akademisi dan birokrasi baik pemerintah pusat maupun daerah dibuka dengan sambutan dari Kepala Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan yang kemudian dilanjutkan oleh Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta sebagai narasumber.

Dalam sambutannya, Kepala DCKTRP, Benni Aguscandra menjabarkan tujuan dari forum diskusi ini yaitu mewujudkan pelaksanaan penataan ruang yang transparan, efektif, akuntabel, dan berkualitas serta mencari solusi terhadap permasalahan yang ada sebagai masukan dalam RDTR & PZ. Selain itu untuk menciptakan masyarakat yang ikut bertanggung jawab dalam penataan ruang dengan keikutsertaan publik dalam memantau dan mengawasi pelaksanaan RDTR & PZ yang telah ditetapkan.

“Berdasarkan peraturan perundang-undangan bahwa penyelenggaraan penataan ruang dilakukan oleh pemerintah dengan melibatkan peran masyarakat. Salah satu prosedur penyusunan rencana tata ruang meliputi pelibatan peran masyarakat dalam penyusunan rencana detail tata ruang yang antara lain dilakukan melalui penjaringan opini publik, forum diskusi, dan konsultasi publik seperti yang kita lakukan sekarang. Oleh sebab itu kita membentuk forum tata ruang ini”, ujar Benni.

Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Oswar Mungkasa, mengatakan "Bentuknya kekerabatan dan tidak formal, tidak harus diskusi, bisa saja nanti melakukan studi banding dan lain-lain. Hasil diskusi menjadi masukan tidak hanya bagi pemerintah, tapi seluruh pemangku kepentingan terkait".

Dalam sesi diskusi yang dipimpin oleh Kepala Bidang Perencanaan dan Pemanfaatan Ruang Kota DCKTRP, Gentur Wisnu Baroto, menghasilkan masukan-masukan terkait rencana kegiatan forum tata ruang kedepannya. "Diharapkan, ini dapat memberikan masukan terhadap pembangunan, terutama perencanaan ke depan seperti apa," ungkapnya.

 

(Penulis : Kartina Andam Dewi, ST, Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan Provinsi DKI Jakarta)

Berita Terkait