Peninjauan Lapangan Rencana Pembangunan Waduk Cimanggis Dan Waduk Kampung Rambutan, Kecamatan Ciracas, Kota Administrasi Jakarta Timur

Kegiatan peninjauan lapangan Waduk Cimanggis dan Kampung Rambutan dilaksanakan pada tanggal 8 Desember 2016 diikuti oleh Biro Penataan Kota dan Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Dinas Penataan Kota Provinsi DKI Jakarta, Walikota Kota Administrasi Jakarta Timur, Sudin Tata Air Kota Administrasi Jakarta Timur dan Camat Ciracas.

Pengadaan tanah dan pembangunan fisik waduk dilaksanakan oleh Dinas Tata Air Provinsi DKI Jakarta. Pembangunan waduk bertujuan untuk menahan laju air kali Cipinang dan sebagai penampungan air (reservoir) dari peresapan air yang masuk ke dalam tanah.

Kegiatan survey ini dalam rangka monitoring hasil pelaksanaan pengadaan tanah dan pembangunan waduk. Dari hasil kunjungan lapangan diketahui, pembangunan waduk masih dalam pengerjaan dan terdapat kegiatan pengerukan tetapi belum seluruhnya terselesaikan. Secara keseluruhan hasil pelaksanaan pembangunan waduk belum dapat dipastikan karena beberapa lokasi waduk belum dapat dilalui/dilewati dengan berjalan kaki.

(Penulis : Josep B. M. T Manurung, Bidang Perencanaan Struktur Ruang)

Berita Terkait